Diposkan pada hm?, Tak Berkategori

Iri Dengki Itu Tidak Baik

Hai, semuanya! Hari ini Hari Jumat, tanggal 20 April 2018, dan hari ini gue telat pulang karena kejebak banjir + macet. Selain itu, hari ini gue juga abis kena omelan guru biologi yang emang, sih, hobi ngegaik, tapi ya kalo ga salah jangan ikutan digaik juga dong, ya? Iya, ga sih? Oke, dua hal itu ga penting. Tapi hari ini gue memutuskan untuk buat post karena gue harus meredakan hati, emosi, serta pikiran gue biar nanti pas ujian tenang. Ga deng.

Ga kerasa banget, udah hampir setahun dari saat-saat menjelang UN SMP, masa-masa di mana gue galau sana-sini tapi ga belajar sungguh-sungguh. Hm sepertinya hal itu ga perlu dibahas lagi. Ga kerasa juga, udah 9 bulan gue jadi murid SMA. Bener-bener ga kerasa.

Di semester kedua ini, banyak banget hal baru yang gue pelajarin. Salah satunya, bisa get along sama temen-temen sekelas gue tanpa awkward lagi, hehe. (Iya, soalnya pas SMP gue ga terlalu akrab sama temen sekelas, padahal 3 tahun bareng. Ngehe banget emang akutu). Tapi bener sih, di sini gue ngerasa gimana pentingnya pertemanan itu. Nanti deh gue ceritain lagi. Haha.

Di semester dua ini banyak banget perlombaan yang diikuti sama anak-anak kelas. Dari lomba paskibra sampai olimpiade dan lomba band hampir tiap minggu ada anak di kelas gue yang ikutan. Dari sana gue mikir, kenapa mereka bisa ikutan lomba-lomba gitu dengan mudahnya? Dan kemudian, dari sanalah gue putuskan untuk curhat di sini. elah.

Pas kelas 8 dulu, masa-masa SMP yang pasti bakalan gue inget terus karena banyak kegiatan yang gue ikutin. Kalau diitung-itung pas kelas 8 itu masa-masa tersibuk gue di dunia SMP. Tiap minggu pasti ada beberapa jam pelajaran yang gue dispen. Entah karena dispen acara OSIS, piket UKS, kegiatan Jurnalistik, ikutan lomba, ataupun hal-hal kecil kayak dipanggil ke ruang guru sampe ruang kepala sekolah. Yang paling gue kenang sih masa-masa bikin proposal kegiatan OSIS bareng temen gue Nunu di ruang perpustakaan sampe sore. Hohoho. Tapi gue nyesel banget, dari sekian lomba ga ada yang bisa gue banggain karena ga menang, ehehehehe. Sekarang gue ngerasa ga enak banget sama guru-guru yang udah milih dan ngasih tanggung jawab ke gue tapi ga gue kerjain dengan baik. Gue juga ga tau alasan yang pasti kenapa gue bisa gitu waktu itu. Hadeh, aneh banget emang akutu. Pokoknya gue amat sangat menyesal, gaes. Jadi, kalau punya kesempatan itu gunakan dengan sebaik-baiknya, ya 🙂

Nah, mari move on. Saat ini gue udah kelas 10 udah 2 tahun dari kegiatan-kegiatan yang gue sebutin tadi. Gue ngerasa kayak kentang banget di SMA. Gue jadi banyak mikir, kenapa dulu gue bisa jadi Ketua OSIS, Komandan PMR, dan segala printilan lainnya? Sedangkan kondisi gue saat ini cuma siswa SMA biasa yang berpredikat anggota ECC yang bahkan ga pernah ikutan lomba. Gue ngerasa gue kayak ngaca ke diri gue di masa lalu.

Gue juga ngaca ke temen-temen gue saat ini, baik itu temen kelas ataupun ekskul. Salah satu temen kelas gue dua minggu kemarin baru aja diterima Paskibraka Kabupaten, dan beberapa bulan sebelumnya udah dicarter buat ikutan O2SN renang. Dia juga ikutan ekskul tari yang saat ini lagi ikutan FLS2N. Ditambah lagi sama kegiatan les di 2 lembaga lesnya yang bisa bikin dia pulang malem. Gue aja sampe ga kebayang gimana padetnya jadwal dia. Gue langsung mikir, kayak, terus gue cuma gini aja di rumah? Liatin story orang yang lagi latihan macem-macem sambil tiduran di sofa?  Pikiran gue juga langsung berkata gini kira-kira, “Orang lain udah lari puluhan kilometer, dan lu bahkan belum nyentuh garis start? Gimana nasib mimpi lu?”

Kebetulan dua hari yang lalu itu pengumuman SNMPTN. Dari sekolah gue, kebanyakan masuk IPB dan UPI. Kalau denger-denger beritanya, sih, ga ada yang masuk kampus gajah yang di jalan Ganesa. Salah satunya kakaknya temen gue yang pinternya masya allah rata-ratanya juga luar biasa, dan dia ngambil ITB sebagai tiga-tiganya pilihan SNMPTN. Dan.. ga masuk. Dari sana gue juga auto mikir lagi, “Terus lu yang cuma seonggok kentang juga mimpi masuk kampus gajah itu?”

Gue harap tulisan ini bisa menyadarkan diri gue sendiri. Lihat masa lalu itu ga sepenuhnya buruk. Gue akuin gue lebih suka jadi diri gue di masa lalu itu. Gue sadar masih banyak waktu yang bisa gue manfaatin sebaik-baiknya. Jangan jadiin waktu yang gue udah lewatin ini jadi tolak ukur bahwa gue gagal. Dan jangan lihat keberhasilan orang lain untuk ber-iri dengki. Tapi jadiin itu motivasi supaya gue juga bisa lebih dari dia. Mau ga mau harus gue akui kalau hidup itu emang kompetisi.

Bentar lagi gue udah mau naik ke kelas 11. Udah seharusnya gue bersikap dewasa dalam menyikapi segala hal. Dan gue juga harus mulai berubah dari sekarang. Jangan terus bermimpi tinggi tapi males-malesan disertai ekspektasi bakalan kesampaian.

Sekian. Selamat malam dari seonggok debu di luasnya semesta yang sedang berada di masa-masa labilnya ini. Have a nice weekend 🙂

Penulis:

just a speck of dust.

Tinggalkan komentar