Diposkan pada Tak Berkategori

Indahnya Perjuangan

Hari ini hari Minggu, tanggal 23 Agustus 2020. Nggak bosen-bosen gue bilang kalo waktu berjalan cepet banget. Udah sembilan hari berlalu sejak pengumuman SBMPTN 2020, one of my best day ever.

Di postingan kali ini gue pengen share pengalaman gue seputar seleksi masuk perguruan tinggi yang gue ikuti. Gue udah janji sama diri sendiri buat bikin ini, sebagai kenang-kenangan karena this whole journey was like a rollercoaster ride for me! Banyak banget yang gue alamin dan tanpa sadar gue ngerasa ‘tumbuh’ dari hal-hal itu.

Hm, oke. Jadi, gue udah mengetahui sistem seleksi perguruan tinggi negeri dari kelas sembilan, sekitar 2017 awal. Gue adalah seorang pemimpi yang ambisius waktu itu–lebay banget deh pokoknya, pengen ngelupain masa-masa itu hahaha. Fix, karena join grup astronomi di Facebook dan film Interstellar, gue pengen banget masuk jurusan Astronomi ITB. Waktu itu kerasa masih panjang banget perjalanan gue menuju kuliah tapi udah mikir kemana-mana (kayak nggak mikir kehidupan di SMA-nya gimana, segitu susahnya buat nyeimbangin semua hal, fufufu). Sejak SMA kelas sepuluh, gue nyadar kalo gue jelek banget di pelajaran itung-itungan, gue setiap belajar Fisika sama Matematika udah pusing banget nget nget lah. Eh, btw dari SMP gue udah ngekepoin ITB, bahkan sampe sekarang. Dari OSKM, UKM, sistem TPB, OHU, HIMA, KM, bahkan gedung-gedungnya secara nggak sadar gue selalu nyari tau, sampe akhirnya gue ikut Open House ITB 2017 dan ITB Day AMI 2019. Buat gue ITB tuh kampus impian banget, deh, bakalan selalu terlihat menarik buat gue. Long story short, gue ubah tujuan jurusan gue menjadi SITH-S karena gue selalu kepo sama makhluk hidup dan gue suka belajar Biologi tanpa buat ulangan doang. Kehidupan kelas sebelas yang udah gue ceritain gimana ancurnya school life gue di postingan sebelumnya bikin gue mulai ngerelain mimpi gue masuk ITB. Menyerah sebelum berperang? Ya, memang.

Oh, iya, dari pengalaman kelas sebelas gue yang lack banget dalam bersosialiasi juga bikin gue di kelas dua belas nggak seambis dan seegois dulu. Gue jadi lebih mikirin hubungan gue sama temen-temen dibanding nilai ulangan, gue juga udah nggak ambil pusing sama pendapat dan ambisi orang lain. Sebenernya sejak masuk IPA di SMA gue kepaksa banget buat belajar, nggak enjoy sama sekali. Then, I realized that was wrong. Gue jadi sadar kalo the true essence of learning is lo enjoy ngejalaninnya dan lo nggak ngerasa keberatan buat mempelajarinya, kemudian lo ngamalin ilmu itu setidaknya di kehidupan sehari-hari lo, bukan cuma buat nilai ulangan. Gue semakin sadar kalo ITB bukan tempat gue, karena gue yakin gue bakalan survive lebih keras dibanding SMA, yang mana gue juga udah hampir mati-matian bertahan selama tiga tahun ini.

Jadi, setelah pengumuman pemeringkatan paralel yang mana gue adalah peringkat 1 jurusan IPA, perjalanan selanjutnya tentang SNMPTN dimulai. Mulai Februari, anak-anak kelas dua belas yang sibuk sama tugas portofolio, TO UN, ujian praktek, dan materi yang dikebut juga sibuk sama pemilihan jurusan SNMPTN. Sejak saat itu, ruang BK selalu penuh sama siswa kelas dua belas setiap harinya. Wah, rame banget deh waktu itu, semua orang terlihat penuh ambisi dan mimpi. Bidibibadabum, jadilah gue daftar SNMPTN ke Biologi (non-pendidikan) dan IPSE UPI. Boleh dibilang gue cukup nekat ambil mereka di snm. Gue nolep banget di sekolah, sudah tentu gue nggak punya sertif sama sekali dan gue bersaing memperebutkan 14 kursi di Biologi dan 8 kursi di IPSE dari sekian banyak siswa seluruh Indonesia yang daftar. Sebelum memutuskan milih Biologi, gue juga sempet tertarik buat milih Agroteknologi dan Teknologi Industri Pertanian UNPAD gara-gara ikut PEF 2019, xixixi, tapi engga deh. Menunggu pengumuman SNMPTN di tengah sibuknya semester akhir, gue juga daftar SNMPN Politeknik ke Polban jurusan Teknik Sipil (pake nilai rapot + sertif juga). Aneh, kan gue tiba-tiba milih teknik? Banget. Kayaknya waktu itu gue udah desperate banget sama seleksi masuk PTN karena puyeng banget pas disuguhin ratusan soal SBMPTN di GO setiap bulannya sejak bulan Agustus 2019. Btw persiapan pendaftaran Polban akan selalu gue inget. Ribetnya minta ampun. Banyak banget penghalang dan gue tetep jalanin dengan dalih “gapapa nggak lolos juga, anggep aja pengalaman. perjuangan.” Sampai akhirnya ketemu di hari pengumuman SNMPN Politeknik 2020 tanggal 25 Maret, hari itu adalah kegagalan pertama gue di seleksi masuk PTN.

Tentu kalian udah tau kalo angkatan 2020 suka disebut sebagai angkatan corona. Karena emang pandemi ini ngacak-ngacak semuanya! Siapa sangka hari Jumat tanggal 14 Maret yang cukup mendung dengan agenda Tabligh Akbar dan maaf-maafan sebelum Ujian Sekolah adalah hari terakhir gue pake baju seragam sekolah? Nggak ada yang tau. Sampai akhirnya gue di rumah terus selama enam bulan, ‘liburan’ terpanjang gue. Pandemi ini juga ngubah semua mekanisme UTBK SBMPTN 2020 dan ngehapus Ujian Nasional. Beda banget dari UTBK 2019 yang ujian dulu terus daftar univ, UTBK 2020 berubah total. Selama quarantine ini, notif dari LTMPT selalu bikin heboh anak-anak ambisverse di Twitter (Eh, btw fenomena akun ambis di Twitter ini juga cukup menarik untuk dibahas, loh. Tapi enggak, deh, nanti kepanjangan dan kebetulan juga gue bukan user aktif di dunia akun ambis–cuma buat berselancar nyari materi dan update informasi). Gue inget banget kayaknya sekitar dua hari sebelum pengumuman SNMPTN, ada informasi menghebohkan dari LTMPT, yaitu dihapusnya TKA dari UTBK. Oh iya, sampai tanggal segitu sekolah masih banyak US online dan gue belum juga fokus belajar TKA. Dan jeng jeng jeng pengumuman SNMPTN tanggal 8 April 2020 mengubah duniaku. Udah gue ceritain kan ya di postingan sebelumnya. Time flies, gue udah ikhlas dari kegagalan kedua gue di seleksi masuk PTN.

Setelah pengumuman SNMPTN, urusan sekolah berkurang dan gue fokus belajar TPS dari banyak sumber, terutama dari internet. Gue juga jadi lebih rajin ikut TO online, walaupun nggak serajin anak-anak Twitter. Oh, iya, gue ikut TO online pertama kali tuh TO Eduka 1 yang masih ada TKA-nya Agustus 2019. My biggest achievement selama ikut TO adalah dapet skor 600-an di TO GO Kreasi. Btw TO Eduka gue juga 600-an tapi kuantitatifnya jelek sejelek-jeleknya, nggak pernah nyampe angka 450. Hari-hari menjelang UTBK selalu dipenuhi kabar menghebohkan dari LTMPT, banyak banget yang berubah, termasuk jadwal UTBK yang 3x ganti. Namun itu semua tentu buat kebaikan kita semua ya guys. Oh iya lagi untuk yang ke sekian kali, di masa-masa ini gue juga sempet daftar Beasiswa Tel-U yang juga pake nilai rapot, gue milih jurusan Teknik Industri, Sistem Informasi, dan satu lagi gue lupa jurusan apa. Makin aneh bukan pilihan gue? Heem. Ternyata Tel-U juga nolak gue, kegagalan ketiga gue di seleksi masuk PT(bukan N).

Eh tapi tapi tapi ternyata waktu luang (maksudnya waktu di rumah aja dan nggak ada jadwal jelas yang terikat) bikin pikiran gue nggak karuan. Overthinking gue semakin parah, gue selalu begadang sampe jam 3, bahkan sering juga gue baru tidur jam 7 atau 8 pagi selama empat bulan. Kerjaan gue tiap hari cuma belajar kuantitatif sampe puyeng sendiri (alert: ini agak hiperbola) dan main Twitter. Bahkan sampe dua minggu sebelum UTBK gue sempet nggak ada energi buat ngapa-ngapain, gue juga jadi sering banget ngeskip makan. Beneran deh materi kuantitatif yang belum gue kuasain bikin gue susah tidur, kayak pas mau tidur tuh susah banget karena masih mikirin soal-soal, pernah juga sampe kebawa mimpi, nggak ngerti lagi gue.

Akhirnya setelah perjuangan berbulan-bulan, tiba juga saatnya gue ikut UTBK, tanggal 8 Juli 2020 di SMKN 3 Bandung. Di SBMPTN ini gue ambil jurusan Biologi dan Pendidikan Teknologi Agro Industri UPI. Oh iya lagi untuk ke sekian kalinya, jadi UTBK 2020 ini pertama dilaksanain tanggal 5 Juli, dan eng ing eng sudah ditebak banyak bocoran dimana-mana. Dari awal gue udah teguh kalo gue nggak bakalan liat bocoran sama sekali, menurut gue ngekhianatin perjuangan lah. Lo udah ngerjain berapa ratus soal selama ini, dan pada akhirnya lo bergantung sama bocoran? Enggak banget. Sampai satu hari sebelum UTBK gue fokus aja fangirlingan TXT dan yang paling penting doa plus jangan lupa baca Quran (inget ya ini penting banget nget). Pas hari-H UTBK gue udah tenang banget, pasrah aja intinya, serahin ke Allah. Selama nungguin tes dimulai (yang lamaaa banget dan bikin ngantuk) gue sibuk shalawatan, karena nggak ada lagi yang bisa gue lakuin. Alhamdulillah, selama ngerjain gue nggak ngerasain panik sama sekali, walaupun komputer gue sempet error pas ngerjain kuantitatif dan akhirnya nggak keisi satu soal.

Udah, deh, beres UTBK-nya. Selama nungguin pengumuman yang ternyata juga dimajuin dari jadwal awal, gue sempet daftar ke salah satu PTS di Bandung jurusan Teknologi Pangan dan Pendidikan Biologi yang pake nilai rapot juga, dan gue keterima di jurusan Tekpang. Selain itu, gue juga daftar mandiri UIN SGD yang persyaratannya cukup ribet, tapi nikmati aja lah perjalanannya. Gue daftar jurusan Pendidikan Biologi, Biologi (non-dik), dan Ilmu Komunikasi Jurnalistik (ini formalitas aja biar keisi karena harus 3 pilihan). Di masa-masa ini gue bener-bener udah pasrah sama apapun hasilnya. Gue udah nggak berminat daftar ke mandiri PTN yang pake ujian. Gue udah siap kalaupun ternyata gue lolosnya di pilihan 2, atau lolos di mandiri, atau bahkan gue harus kuliah di PTS. Gue juga udah membulatkan tekad kalau tujuan gue kuliah itu selain ilmunya, gue harus bisa explore diri gue lebih dalam di mana pun tempatnya, dengan cara ikut organisasi-organisasi. Pokoknya gue mau aktif lagi kayak di SMP. Titik.

Time flies, masa-masa nungguin pengumuman ini kegiatan utama gue adalah fangirling TXT, hem, nggak gitu. The most important thing di fase ini adalah jangan lupa terus berdoa. Berdoa aja apa yang kalian pengen. Apa aja. Jangan lupa juga sholat sunah dan baca Quran. Sumpah, ngaruh banget. Pikiran lo akan lebih positif dan tenang gitu. Tibalah hari pengumuman SBMPTN 2020 tanggal 14 Agustus pukul 15.00. Gue udah degdegan nggak karuan dari pagi. Emang, sih, gue udah siap dengan semua hasilnya, tapi tetep aja kan. Gue akuin gue belajar banget pentingnya ikhlas dari pengumuman SNMPTN. Serahin aja semuanya ke Allah, Dia udah nentuin yang terbaik buat kita. Akhirnya gue memberanikan diri buka hasilnya pukul 15.30, udah gemeteran banget. Dan………… huh, GUE LOLOS SBMPTN di jurusan Biologi UPI. Sampai sekarang masih nggak nyangka kalau udah masuk grup jurusan dan mau MOKA-KU. Gue yang merupakan fans berat gedung JICA (FPMIPA A) UPI ini akhirnya bisa ngerasain kuliah di sana :”)

Fun fact, gue yang selama ini selalu jelek di kuantitatif ternyata dapet nilai yang memuaskan banget di PK dan malah paling gede di antara subtes lainnya. Masih nggak nyangka. Gue akan selalu inget perjuangan gue belajar PK sampe kebawa mimpi diajarin Soobin dan terkumpul empat buku catetan khusus PK yang gue kumpulin dari banyak sumber.

Indahnya Perjuangan. Judul yang gue pilih buat postingan ini gue kutip dari komentar kakak kelas gue waktu SMP di postingan IG gue. Gue sadar ini adalah awal baru dari perjuangan gue selanjutnya. Enam bulan ini rasanya nano-nano banget, tapi gue mau ucapin terima kasih buat diri gue sendiri yang bisa bangkit dan berusaha buat menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Buat diri gue di masa depan, gue yakin lo bisa menghadapi semua tantangan nanti 🙂

Selamat menikmati indahnya perjuangan.

Penulis:

just a speck of dust.

Tinggalkan komentar